Euphorbia Tampil Prima Dan Sehat Berkat Novelgro

Peran Novelgro tak hanya menghemat waktu dan biaya produksi. Penampilan Euphorbia pulcherrima yang dihasilkan lebih prima. Tajuk rimbun dan sosok pendek.

Warnanya pun lebih ngejreng, kata alumnus Fakultas Pertanian Universitas Satyawacana, Salatiga itu. Tanaman rimbun karena 100% tunas tumbuh. Tanpa Novelgro, dua trubus— sebutan tunas di Jawa Tengah paling bawah mati.

Sosok tanaman tetap pendek karena Novelgro Alpha pada poinsettia tidak menambah panjang ruas seperti pengatur tumbuh lain, sehingga kerja retardan daminozide 98% yang dipakai untuk memperpendek ruas optimal. Pengatur tumbuh ganda itu rupanya bekerja sinergis saat pertumbuhan vegetatif saat perlakuan pencahayaan tambahan dilakukan.

Imlek target kedua
Imlek target kedua

Perawatan Yang Mudah

Perlakuan Novelgro Alpha dilakukan rutin 1 minggu sekali sampai tanaman berumur 12 minggu (3 bulan) saat perlakuan hari panjang dan pada saat perlakuan black out perlakuan dikurangi menjadi 2 kali seminggu dengan dosis 1/2 ml/1 air.

Saat itulah tanaman disungkup plastik hitam antara pukul 15.00 s/d 08.00 untuk memunculkan warna.Harap maklum kastuba -nama lokal Poinsetia. Poinsetia akan berwarna pada kondisi hari pendek dengan pencahayaan sekitar 8 jam/hari. Pada saat black out (7 s/d 8 minggu) pemberian Novelgro Alpha cukup 4 kali sampai siap dipasarkan. Total perlakuan Novelgro Alpha sejak tanam sampai denhan panen adalah 16 kali.

Menurut Lanny, warna kastuba yang diberi perlakuan Novelgro lebih ngejreng. Musababnya sitokinin di dalam Novelgro mampu meningkatkan dan mempertahankan klorofil yang berperan dalam proses fotosintesis. Efeknya, pigmen warna asli tergantung jenis kastuba terbentuk optimal. Selain itu, tanaman lebih kokoh dan tahan penyakit.

Euphorbia Tampil Prima Dan Sehat Berkat Novelgro
Euphorbia Tampil Prima Dan Sehat Berkat Novelgro

Anti stres

Peran Novelgro tidak berhenti pada saat budidaya kastuba. Ia dapat mencegah tanaman stres pada saat pengangkutan. Caranya juga mudah, semprotkan Novelgro 1 ml/liter pada tanaman sehari sebelum pengiriman. Kastuba tetap prima walau menempuh perjalanan darat sampai 2 hari. “Saya kirim ke Surabaya lewat darat. Tanaman tetap prima. Tanpa Novelgro, kastuba stres. Padahal kami kirim lewat udara,” kata pemilik Seederama, perusahaan benih dan alat-alat pertanian itu.

Rupanya peran besar Novelgro itu membekas di hati Lanny. “Sulit berpindah ke lain produk,” katanya. Kini setelah panen untuk Natal, ribuan kastuba hijau masih terhampar subur di nurserinya. “Itu untuk persiapan Imlek,” katanya. Berkat Novelgro, rencana dan harapan Lanny terwujud. Anda siap mengikuti? Silakan mencoba Novelgro.