Adenium

Adenium Gundul Jadi Menawan

Crimson star koleksi Millenium Nursery di Bumi Serpong Damai, Tangerang, itu memang layak diacungi jempol. Tajuknya yang berbentuk payung diselimuti bunga mirip kembang sepatu. Keseronokan bunga berwarna merah jambu itu menyedot perhatian sehingga mengalihkan pandangan dari bonggol akar yang sedikit semrawut.

Membentuk adenium berlimpah bunga seperti di atas relatif mudah. “Kuncinya pemangkasan,” ujar Fredy Wiyanto, pemilik Millenium Nursery. Namun, sebelumnya, pilih bonggol yang bagus, sehat, dan aktif tumbuh. Cirinya, bonggol berwarna kehijauan dan permukaan kulit seolah retak. Percabangan paling bagus bila membentuk pola 1, 3, 9, 27, dan seterusnya. Bila tidak menemukan pola demikian, pilih cabang yang tidak saling bersilang.

Adenium
Daun Mulai Rimbun

Proses Penggundulan Daun

Penggundulan dilakukan 2—3 bulan sebelum dipamerkan di suatu acara. Lama waktu itu tergantung varietas dipilih. Yang cepat tumbuh dipangkas 2 bulan sebelumnya. Contohnya, crimson star, mo ro doklok, la on thong, dan chiang may. Itu adalah jenis lama sehingga harganya terjangkau. Kalau ingin varietas baru, itu mengandung antibakteri sehingga luka tak melebar. Karena luka amat sempit, pembentukan tunas baru relatif banyak, 3—6 buah. Bila luka bekas potongan terbuka, selebar 2—3 mm, yang muncul 1—2 cabang saja.

Cara lain merangsang berbunga ialah puasa air. Ada yang per 3 hari, disiram sehari, kemudian dipuasakan lagi 3 hari, selama 2 minggu. Namun, ada yang berturut-turut 10—14 hari.

Di musim panas, tanaman bisa diletakkan di areal yang terkena sinar matahari langsung. Namun, Di musim hujan, letakkan di bawah naungan plastik ultra violet untuk mencegah siraman hujan sehingga kelembapan stabil.

Bila kelembapan tinggi penyakit bercak daun, phomopsis, kerap menyerang. Akibatnya daun kuning, lalu rontok. Siram tanaman secukupnya, ditandai air menetes dari dasar pot. Buang akar-rambut yang mengurangi keindahan bonggol.

Pemangkasan di bagian bawah menyisakan 3—4 cm
Pemangkasan di bagian bawah menyisakan 3—4 cm

Pengaturan pupuk

Setelah 7—14 hari, tunas baru terbentuk. Berikan pupuk dengan kandungan N tinggi untuk menyuburkan tanaman. Jenisnya, bisa memilih Growmore, Hyponex, atau Gandasil, dan Vitabloom. Godongijo Nursery di Sawangan, Depok, yang menanam adenium dengan sistem hidroponik, mengatur penyiraman bersamaan dengan pemupukan. Dosis 1/2 kali dosis anjuran per liter air. Bila dilakukan tersendiri dosis pupuknya 1/2 sendok teh/1 air. Lakukan 4 kali dalam 2 minggu.

Satu bulan setelah pemangkasan, ganti pupuk dengan kandungan P dan K tinggi. Jenis pupuknya tetap sama, hanya kandungan berbeda. Berikan dengan dosis dan cara yang sama. Selang 1,5 bulan, di pucuk terbentuk tunas bunga. Bunga mekar serempak 2 minggu kemudian.

Seminggu setelah bunga rontok semua, tanaman kembali dipangkas. Cara pemangkasan sama, bagian bawah sepanjang 3—4 cm dan bagian atas 2—3 cm dari percabangan. Semua perlakuan di atas diulangi kembali. Tanaman kembali berbunga. Namun, puncak berbunga hanya terjadi pada musim panas saat tanaman menerima sinar matahari lebih banyak. (Syah Angkasa).